terangbenderang

MUSDes Perencanaan RKPDes Tahun Anggaran 2020 Desa Lesung Batu

Admin
24 October 2019

Berandang.com- Empat Lawang. Musyawarah desa (MUSDes) adalah kesempatan yang baik bagi masyarakat, dimana pelaksanaan menjadi harapan baru untuk menjadi dasar pijakan dalam penyusunan rencana kerja pemerintah desa Lesung Batu Kecamatan Lintang Kanan di tahun mendatang.

Pelaksanaan musyawarah desa berlangsung di kantor desa pukul 10:00 Wib – selesai yang dihadiri oleh pihak Kecamatan, PD, PLD, Kepala Desa dan perangkat, BPD, toko agama, toko adat dan masyarakat.

Rapat ini dipimpin oleh Dedi Irama, Amd.com selaku Ketua BPD, dalam sambutannya menyampaikan “Sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 dan Tupoksi BPD diantaranya melaksanakan musyawarah desa, menggali, menampung, mengelolah dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta mengawasi kinerja kepala desa,” Terangnya.

Ditambahkan Dedi “Melalui MUSDes ini masyarakat bisa menyampaikan ide, gagasan dan usulan. Sehingga mendapat kesepakatan untuk menentukan prioritas dalam melakukan pembangunan desa sehingga terwujud pemerataan pembangunan di Desa Lesung Batu”, Ucapnya.

Ia berharap “Bukan hanya sekedar pembangunan fisik saja, mari kita sama – sama usulkan bidang pemberdayaan pelatihan budidaya kopi, padi dan coklat karena mayoritas penduduk kita adalah petani serta bidang ilmu pengetahuan dan teknologi juga sangat penting. Kita usulkan pengadaan komputer desa dan perpustakaan desa karena dijaman sekarang ini harus bisa menguasai IPTEK serta kesejahteraan guru ngaji karena ilmu agama juga sangat penting”, Harap dedi.

Supriadi selaku Kepala Desa menyampaikan hasil dari RKPDes untuk tahun anggaran 2020.

“Perencanaannya untuk fisik ialah pembangunan SPAL, jalan setapak, jalan menuju pertanian dan perkebunan. Pemberdayaannya yaitu lampu penerang jalan, Wc/Jamban, insentif guru ngaji, Linmas dan posyandu serta ada tambahan usulan lain seperti komputer desa dan perpustakaan.” Terang Kades.

Ia berharap “Semoga hasil musyawarah desa dapat terealisasi dengan baik untuk tahun depan tanpa ada halangan dan rintangan sehingga mewujudkan desa lebih baik, maju dan berkembang” Tutup kades. *(San&Mm)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *