terangbenderang

Atasi Kesulitan Air Warga, Kades Lesung Batu Bangun PAMSIMAS

Admin
22 October 2018

Berandang-Empat Lawang. Untuk mengatasi kebutuan air warga desa lesung batu, Supriadi, Kepala Desa (kades) desa Lesung Batu kecamatan lintang kanan bangun Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS).

Saat diwawancara awak media, senin (22/10/2018),  Supriadi yang sudah menjabat dua tahun selaku kepala desa menerangkan, Pembangunan Pamsimas ini untuk menjawab kebutuhan warga masyarakat lesung batu. Menurutnya, selama ini warga kesulitan mencari air, khususnya musim kemarau. Sebab, air merupakan kebutuhan pokok dan sumber kehidupan.

“Alhamdulilah pembangunan ini hampir rampung. Sudah 85%, warga lesung batu juga sudah bisa menikmati air yang mengalir hingga halaman rumah-rumah warga”, Jelas Kades Supriadi.

Pembangunan proyek ini dikerjakan melalui swakelola dengan masa kerja 120 hari kalender. Menurut pelaksana kegiatan, pekerjaan proyek ini meliputi pembangunan 1 unit penangkapan mata air (broncap), pembangunan 1 unit bak penampung (reservoir), bak saring 1 unit, pembangunan pipa 1 unit, pemasangan jaringan pipa distribusi.

Untuk pembiayaan, pembangunan tersebut bersumber dari APBN, Incash, In Kind dan APBDES senilai Rp 400 juta.

Novan, warga kampung 4 / sekip merasa senang dengan pembangunan proyek ini, menurutnya, warga tidak lagi kesulitan mencari air. Karena air mengalir sampai ke depan rumah.

“Kami sangat terbantu dengan adanya Pamsimas. Tadinya jauh mengambil air dan sumurpun sering mengalami kekeringan saat musim panas kemarin. Namun sekarang sudah lega, karena pipa keran penyalur air sekarang sudah melintas didepan rumah-rumah warga” Tutur Novan dengan nada gembira. *(Sa/MM)

Kepala Desa Lesung Batu Supriadi (duduk) bersama perangkat desa saat meninjau proyek pembangunan Pamsimas

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *