terangbenderang

Kontes Batu Akik Kembali  Buming “Membangunkan Macan Sedang Tertidur”

Admin
23 December 2018

Berandang-Bengkulu. Tahun 2013 silam awal mula batu akik beredar di Bengkulu. Puncaknya, tahun 2015 batu akik menjadi primadona di kalangan masyarakat.

Harga yang ditawarkan sangat fantastis, bahkan investor ataupun pengoleksi batu akik rela gelontorkan sakunya dalam-dalam demi mendapatkan batu yang diinginkan.

Namun sayangnya, seiring berjalan waktu batu akik mulai terlupakan dan perlahan hilang begitu saja setelah puncaknya pada tahun 2015 lalu.

Tapi, perlahan demi perlahan batu akik mulai hidup kembali di Bengkulu. Berkat dukungan dari Pemerintah Provinsi maupun Kota mulai kembali memberi semangat baru.

Sama halnya, membangunkan macan sedang tertidur pulas hampir beberapa tahun belakang.

Latber Bengkulu Gemstone Competition kembali menggelar perlombaan batu akik dari bermacam kelas yang di perlombakan.

Bertempat di Kampung Pesisir Siantar Pantai Panjang, Sabtu (22/12).

Sebanyak 21 kelas di perlombakan, di sesi pertama untuk kelas fosil sebanyak 40 peserta dan hampir 300 batu hadir dalam perlombaan tersebut.

Salah satunya, empat kelas kategori di perlombakan ajang tingkat nasional seperti fosil sosok orang, gambar tampak samping, pemandang dan mistis.

Tujuan digelar perlombaan tersebut, sebagai wadah tempat berkreatifitas bagi penggemar batu akik dan ajang pembelajaran untuk mengenal lebih dekat karakter apa saja batu yang di perlombakan dalam tingkat Nasional.

“Kita mengadakan kontes perlombaan batu akik dari awal Januari tahun 2018 dan sudah 12 kali perlombaan,” ucapnya ketua Latber Bengkulu Gemstone Ari Sandi.

Lanjut dikatakan Goboy sapaan akrabnya, peningkatkan dari event pertama sampai hari ini sangat signifikan perkembangannya. Dari awal hanya 150 batu sampai melonjak 1.200 batu.

“Awalnya ini hanya kelompok kecil untuk event kontes batu akik di Bengkulu rutin di adakan, lama kelamaan masyarakat tau secara tidak langsung,” katanya.

Masyarakat Bengkulu mulai kembali menggeluti dunia perbatuan batu unik tersebut.

Sedangkan untuk penjualan harga batu akik sendiri pasca sempat “tertidur panjang” ?

“Tahun 2018 sudah mulai tinggi harga penjualannya. Batu fosil yang sekarang di cari oleh para pencinta batu,” ungkapnya.

Untuk diketahui, batu Red Rafflesia harganya masih tinggi dipasaran untuk kontes perlombaan tapi sudah terkalahkan oleh fosil sosok orang, mistis, pemandangan alam, lukisan alam dan potret orang.

“Harga fantastis terjual 85 juta batu akik fosil sosok mistis,” tutupnya. *(Ahm)

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *