terangbenderang

HUT Kabupaten Ke-16 Bupati Kepahiang Buka Lomba Sarafal Anam

Admin
18 December 2019

Berandang.com- Kepahiang. Dalam rangka menyambut HUT kabupaten Kepahiang ke 16, dinas sosial dan PMD turut meramaikan agenda kegiatan dalam melaksanakan lomba sarafal Anam, yang di ikuti (6), dari berbagai desa demikian di sampaikan Kadis sosial dan PMD, Ir.RIS iryanto, M.Si saat pembukaan di rumah Limas (adat rejang) Rabu pagi (18/12/2019).

Bupati Dr,Ir, Hidayatullah Sjahid, MM IPU, dalam sambutannya mengatakan, tradisi sarafal Anam harus dilestarikan di bumi sehasen. Karena kesenian ini sangat unik dan jarang di populerkan. Untuk itu mari kita sama-sama tingkatkan budaya ini untuk kepentingan bersama kesenian sarafal Anam. Dahulu sering sebagai pengantar jika sedang melaksanakan antaran atau arak arakan dalam profesi pernikahan. Bupati mengharapkan kedepannya kesenian yang sangat indah ini tetap di pertahankan, sampai Dayat.

Kadis melalui Kabid pemberdayaan ekonomi masyarakat Iwan alfian ST, menyampaikan penyelenggaraan kegiatan lomba sarafal Anam diikuti 6 peserta meliputi group sarafal Anam desa tertik, Tanjung alam, Meranti jaya, Tebat monok, Kelobak Dan desa Pagar gunung, tujuan untuk mengenal lebih jauh kesenian yang turun menurun ini agar di kenal masyarakat khususnya kabupaten Kepahiang dan masyarakat pada umumnya. ungkap Irwan.

Ris Iryanto, selaku kepala dinas sosial dan PMD menyampaikan sangat mendukung terlaksananya lomba sarafal Anam, semoga dengan dilaksanakannya perlombaan ini akan dapat memberi semangat kembali seni budaya yang sempat redup. Beliau mengharapkan ke depannya desa desa yang memiliki group sarafal Anam lebih giat dan semangat untuk melestarikan budaya ini. Tutup kadis. *(UT)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *