terangbenderang

Bank Indonesia Dukung Pengrajin Batik Besurek

Admin
30 May 2018

Berandang-Bengkulu. Launching Galeri Batik Besurek canting mas langsung dihadiri oleh direktur utama Bank Indonesia Endang Kurnia S., Kadis Disperindag Hj. Dewi Darma, Kadis Koperasi, Ukm, H. Muslih, Z. (30/5) pukul 10.00 WIB. di Anggut Atas Bengkulu.

Batik Besurek merupakan batik khas Bengkulu yang bermotif kaligrafi Arab. Pada umumnya, batik ini berciri khas kaligrafi dengan perpaduan bunga  rafflesia sebagai motifnya yang merupakan simbol khas Bengkulu.

Saat di temui awak media Endang Kurnia selaku direktur Bank Indonesia mengatakan, event ini adalah salah satu pilar Bank Indonesia untuk mengembangkan perekonomian daerah. Batik Besurek sendiri salah satu cara Bank Indonesia mengembangkan dari sisi orisinalitas, sedangkan batik besurek ini hasil produksi orang Bengkulu bukan orang Jawa. Batik besurek sendiri ontentik orang Bengkulu, coraknya mencirikan budaya Bengkulu sendiri  yang sangat kuat, hal ini yang harus kita angkat sampai ketingkat Level Nasional.

“Sedangkan canting mas sendiri kita tetap lanjut karena ini dalam tahapan dan galeri sudah kita dirikan, setelah itu kita bantu pemasarannya. Bank Indonesia tidak menutup kemungkinan untuk membanding-bandingkan batik besurek dan pengerajin batik yang lainnya. kita juga akan membesarkan batik besurek ini ketahap Nasional, masalah produksi akan dibuat disini atau di Jawa,tetapi semuanya tetap kita bina” ujar direktur BI.

“Sedangkan batik besurek sendiri sudah kita promosikan ditingkat Nasional disaat kita melakukan Pameran karya kreatif Indonesia di Jakarta Konferensi Center. Batik besurek ini dikenal langsung oleh Iriana Jokowi sama istri Jusuf Kalla, Menteri PU serta orang-orang yang senang koleksi batik asli daerah. Batik besurek Bengkulu juga dikenal oleh desainer dan artis Indonesia seperti Kusnaidi dan Samuel Watimena. Semoga batik besurek Bengkulu ini lebih dikenal lagi di Nasional hingga Mancanegara” terang Endang. (Rin/NM)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *