terangbenderang

Meski Belum Ada Upah Lelah, Puskesmas Muara Pinang Cepat Tanggap Cegah Virus Corona

Admin
20 April 2020

Berandang.com – Empat Lawang. Kepala Puskesmas (Kapus) Cerianti, SKM beserta jajarannya cepat tanggap selaku tim kesehatan dalam menjalankan tugas selaku gugus depan dalam pencegahan penyebaran virus corona covid 19 di wilayah Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan. Senin (20/04/2020)

Cerianti selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Muara Pinang, saat dibincangi awak media diruang kerjanya, menurutnya untuk wilayah Kecamatan Muara Pinang, alhamdulillah aman dari penyebaran virus corona.

“Alhamdulillah, untuk wilayah kita Kecamatan Muara Pinang, aman dari penyebaran virus corona covid 19. Berkat kegigihan tim gugus depan pihak kesehatan meski tak ada upah lelah atau biaya transfortasi bagi mereka saat ini, serta kegigihan kerjasama dari berbagai pihak yaitu Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa. Sehingga wilayah kita aman dari penyebaran virus tersebut” Ungkap Cerianti, SKM.

Sambung dia, untuk gejala jika terjangkit virus tersebut ada beberapa gejala yang bisa kita kenali jika sudah terinfeksi virus ini diantaranya, demam, batuk pilek, rasa sakit di tenggorokan, dan juga sesak nafas dan panas tinggi. Jika ada tanda-tanda seperti itu segera ketempat medis (puskesmas) untuk dilakukan pemeriksaan” Tutur Kepala Puskesmas.

Kapus juga menjelaskan langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan agar tidak terkena virus tersebut dengan cara menjaga kebersihan dan lakukan pola hidup sehat.

“Untuk pencegahannya ialah dengan cara tidak kontak langsung, seperti dengan bersalaman, lalu menghindari tempat keramaian dan selalu cuci tangan dengan sabun. Kemudian sering minum air hangat kuku, makanlah makanan yang bergizi (perbanyak makan sayur dan buah-buahan).” Paparnya.

“Untuk ODP ada 8 orang, alhamdulillah karantina mandirinya sudah selesai, 6 orang dinyatakan sehat dan 2 orang lagi masih dalam pengawasan. Kemudian 400 lebih orang tanpa gejala (OTG) yang mempunyai riwayat datang dari luar kota” Ujarnya.

Dilanjutkan, kami kerja 24 jam baik di Puskesmas maupun di posko perbatasan Empat Lawang yang berada di Desa Sawah. Alhamdulillah Kadesnya well come dan sangat membantu dalam mencegah penyebaran covid 19. Saya berharap klo bisa kades lain ikut membantu dan mendukung kepala desa sawah karena resikonya paling tinggi sebab dia yang paling utama menghadapi orang yang datang dari luar” Terangnya.

Kepala Puskesmas juga berharap kepada pemerintah untuk memikirkan upah lelah para honor tenaga kesehatan di Kecamatan yang menjadi gugus depan dalam pencegahan ini karena yang dapat anggaran upah lelah cuma Kabupaten dan untuk Kecamatan tidak ada” Harapnya.

Ditambahkannya, buat masyarakat Muara Pinang, jika ada berita terkait yang terkena virus corona, silahkan konfirmasi kepihak Puskesmas. Jangan mudah dipercaya apalagi sumbernya bukan dari kita dan jangan mudah menyebar berita hoaks yang belum tau pasti kebenarannya” Tegas Cerianti, SKM. *(San)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *