by

Imbau Patuhi Lalin dan Prokes, Polres Bengkulu Hadirkan Dai Polantas

Berandang.com– Satuan Lalu Lintas Polres Bengkulu, Polda Bengkulu menerapkan inovasi unik memberikan himbauan kepada masyarakat agar mentaati lalu lintas dan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Inovasi tersebut ialah menghadirkan da’i polantas. Kapolres Bengkulu, AKBP Pahala Simajuntak SIK melalui Kasat Lantas, AKP Kadek Suwantoro
SIK mengatakan, da’i polantas dipilih karena mayoritas masyarakat Kota Bengkulu muslim.

Dengan menggunakan da’i polantas diharapkan lebih maksimal memberikan edukasi dan himbauan tentang ketertiban berlalu lintas dan mentaati prokes mencegah penyebaran covid-19.

Dua orang personel Sat Lantas Polres Bengkulu yang kerap memberikan ceramah agama ditunjuk menjadi da’i polantas.

“Masyarakat Kota Bengkulu rata-rata muslim, jadi da’i polantas ditunjuk agar lebih tepat sasaran memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan mematuhi prokes. Kalimat dan bahasa yang digunakan tentu seperti halnya saat memberikan ceramah agama,” jelas AKP Kadek, Kemarin ( Rabu ,30/12/20).

Selain da’i polantas, dalam pelaksaan Operasi Lilin Nala 2020, Sat Lantas juga melakukan beberapa inovasi untuk menghimbau masyarakat mematuhi peraturan lalu lintas dan mentaati prokes.

Seperti melibatkan bujang gadis Bengkulu menggunakan pakaian adat untuk selalu mengingatkan generasi milenial akan budaya lokal Bengkulu. Kemudian membagikan jamu tradisional gratis kepada pengguna jalan, membagikan vitamin C dan membagikan masker kepada pengguna jalan.

Kegiatan tersebut dilakukan Sat Lantas Polres Bengkulu di Simpang Lima Ratu Samban.

“Inovasi yang kita lakukan ini untuk memaksimalkan himbauan dan edukasi tentang aturan berlalu lintas dan mentaati prokes. Jika ada masyarakat tidak menggunakan masker diberikan teguran sekaligus diberikan masker, kemudian tadi kita bagikan vitamin C, masker dan jamu gendong tradisional,” pungkas Kasat Lantas. *(ET)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed