by

Pemberian Obat Filariasis di Non Fisik TMMD Reguler Brebes

-Berita-11 views

Brebes – Puskesmas Kaliwadas, Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kembali terlibat dalam kegiatan non fisik TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di desa tetangganya yaitu Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dengan memberikan pelayanan kesehatan berupa pemberian obat pencegahan penyakit kaki gajah atau lymphatic filariasis atau filariasis.

Disampaikan Bidan I Desa Kalinusu, PKD Lestari Kalinusu, Zahrotul Atiqoh (44), bahwa sasaran pemberian obat kaki gajah kali ini adalah di 8 dusun di Desa Kalinusu, yaitu kepada 5.371 orang dari total jumlah penduduk 8.448 jiwa dari 2.664 KK.

“Kita berikan obat kaki gajah mulai dari anak umur 2 tahun sampai dewasa 70 tahun.Untuk obat bantuan dari Puskesmas Kaliwadas,” terangnya, Senin (19/10/2020).

Pencegahan kaki gajah ini dilakukan setiap tahunnya oleh pemerintah selama 5 tahun berturut-turut, yaitu setiap bulan Oktober yang diperingati sebagai Bulan Eliminasi penyakit Kaki Gajah (Belkaga), di seluruh wilayah endemis filariasis di seluruh NKRI.

“Untuk di Desa Kalinusu, kali ini adalah yang keempat kalinya yang dilaksanakan sejak tahun 2017 lalu, dan untuk bulan Oktober tahun ini sengaja diselaraskan dengan kegiatan non fisik TMMD Reguler,” sambungnya.

Dijelaskannya lanjut, untuk orang dewasa disarankan diminum di rumah pada waktu sebelum tidur, karena efek dari tabletDEC (Diethylcarbamazine) 100 mg dan Albendazole 400 mg, adalah mudah mengantuk. Sedangkan untuk mekanisme pemberian langsung kepada anak-anak, adalah dengan minum ditempat, dengan sendok plastik sekali pakai dan langsung dibuang.

Ditambahkannya, setelah pemberian obat, anak-anak diberikan permen, roti, dan juga aqua gelas untuk menghilangkan rasa pahit obat tersebut. (Aan)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed