oleh

Pasca TMMD Reguler Brebes, Akan Mencoba Kelola Sampah Plastik di Desanya

-Berita-322 views

Brebes – Pelaksanaan TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, telah usai per Rabu (21/10/2020).

Banyak kenangan bagi warga setempat, dimana salah satunya dialami oleh Siti Aminah (46), warga Dukuh Glempang, Kalinusu, yang bertekad akan mulai mengelola sampah plastik di desanya setelah TMMD usai.

“Kebetulan saya mengikuti ketika ada ceramah di TMMD tentang pengelolaan sampah plastik. Untuk itu akan saya praktekkan,’’ terangnya.

Dirinya berharap, dengan mengelola sampah plastik itu maka akan mendatangkan rupiah sekaligus akan menyelamatkan lingkungan desanya.

Terpisah Pasiter Kodim Brebes, Kapten Arhanud Nediono berharap, untuk kegiatan non fisik di TMMD yang digelar di Kalinusu itu bisa bermanfaat bagi warga setempat. Terlebih jika ada yang mau menerapkan dengan apa yang pernah disosialisasikan oleh narasumber yang didatangkan oleh Kodim Brebes untuk memberi berbagai materi ke warga.

Sejumlah kegiatan penyuluhan non fisik telah dilaksanakan di TMMD Kalinusu itu, meliputi Penghijauan, Pertanian, Peternakan, MKRPL (Model Kawasan Rumah Pangan Lestari), Bencal, Hukum Terpadu, Kesehatan, KB-Kes, Anatomi Teroris, dan penyuluhan tentang keamanan dan ketertiban lingkungan.

Selain itu, juga menggelar sosialisasi dari Kantor Perijinan, Nakertrans (Tenaga Kerja dan Transmigrasi), Sosialisasi UU Perkawinan, P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba).

Selain itu, dalam konteks kegiatan non fisik TMMD di sela-sela upacara pembukaan dan penutupan kelak juga digelar sejumlah acara bakti sosial, diantaranya pelayanan Akta  Kelahiran (Dindukcapil), KB Kes, Perpustakaan keliling (Perpustakaan Keliling). (Dar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *